angket penelitian fungsi manajement dengan kinerja guru sma
PENGANTAR ANGKET PENELITIAN
Kepada
Yth. : Bapak / Ibu Guru SMA Negeri 4 Praya
di –
M a t a r a m
Dengan hormat,
1. Mohon bantuan dan partisipasi Bapak / Ibu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan obyektif.
2. Angket penelitian ini dimaksudkan untuk menghimpun data/informasi tentang Hubungan pelaksanaan fungsi manajemen kepala sekolah dengan kinerja guru di SMA Negeri 4 Praya tahun pelajaran 2011/2012.
3. Tiap-tiap item disediakan 3 alternatif jawaban. Untuk itu Bapak / Ibu dimohon untuk memberikan jawaban dengan memberikan tanda ( √ ) pada salah satu alternatif jawaban yang dianggap sesuai dengan kenyataan yang Bapak / Ibu alami.
4. Data / informasi yang Bapak / Ibu berikan semata-mata dalam rangka menyusun sebuah skripsi sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Pendidikan di IKIP Mataram Jurusan Administrasi Pendidikan. Karenanya tidak ada sangkut pautnya dengan kondite ataupun penilaian terhadap tugas / jabatan Bapak / Ibu.
5. Mohon dengan hormat untuk mengembalikan angket penelitian ini dalam waktu yang yang tidak terlalu lama.
Demikian, atas bantuan serta kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan banyak terima kasih.
Peneliti,
|
Variabel | Sub. Variabel | Indikator | No. Item |
Pelaksanaan Fungsi Manajemen Kepala Sekolah | 1. Fungsi Perencanaan | 1. Merumuskan Visi dan Misi 2. Merumuskan Tujuan Sekolah 3. Membuat Rencana Kerja Sekolah | 1 2 3 |
2. Fungsi Pengorganisasian | 1. Mengidentifikasi jenis tugas dan tanggung jawab 2. Menentukan distribusi tugas dan tanggung jawab 3. Merumuskan aturan-aturan dan hasil kerja | 4 5 6 | |
3. Fungsi Pelaksanaan | 1. Membuat Pedoman Sekolah 2. Struktur Organisasi Sekolah 3. Pelaksanaan Kegiatan Sekolah 4. Bidang Kesiswaan 5. Bidang Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran 6. Bidang Pendidik dan Tenaga Nonkependidikan 7. Bidang Sarana dan Prasarana 8. Bidang Keuangan dan Pembiayaan 9. Budaya dan Lingkungan Sekolah 10. Peran Serta Masyarakat/Kemitraan Sekolah | 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 | |
4. Fungsi Pengawasan | 1. Program Pengawasan 2. Evaluasi Diri 3. Evaluasi dan Pengembangan KTSP 4. Evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan | 17 18 19 20 |
A. Identitas Guru :
1. N a m a :_____________________________________
2. N I P :_____________________________________
3. Mata Pelajaran : _____________________________________
4. Sekolah : SMA Negeri 4 Praya
B. Pertanyaan angket tentang pelaksanaan fungsi manajemen kepala sekolah :
No | Item Pertanyaan | Ya | Kadang kadang | Tidak |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
1. | Apakah Kepala sekolah sudah membuat visi dan misi sekolah bersama Bapak/Ibu guru pada setiap awal tahun pembelajaran ? | |||
2. | Apakah Kepala sekolah selalu membuat tujuan sekolah bersama Bapak/Ibu guru pada setiap awal tahun pembelajaran ? | |||
3. | Apakah Kepala sekolah sudah membuat rencana kerja sekolah bersama Bapak/Ibu guru pada setiap awal tahun pembelajaran ? | |||
4. | Apakah Kepala sekolah selalu mengidentifikasi jenis-jenis tugas dan tanggung jawab Bapak/Ibu guru pada setiap awal tahun pembelajaran ? | |||
5. | Jika jawaban no. (4) Ya, apakah Kepala sekolah selalu menentukan dan mendistribusikan tugas dan tanggung jawab tersebut ? | |||
6. | Apakah Kepala sekolah selalu merumuskan aturan-aturan dan hasil kerja pada setiap awal tahun pembelajaran ? | |||
7. | Apakah Kepala sekolah sudah membuat pedoman sekolah bersama stakeholder sekolah ? | |||
8. | Apakah Kepala sekolah selalu membuat struktur organisasi sekolah bersama stakeholder sekolah ? | |||
9. | Apakah Kepala sekolah selalu melaksanakan kegiatan sekolah dengan baik bersama Bapak/Ibu guru ? | |||
10. | Apakah Kepala sekolah selalu menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses penerimaan peserta didik? | |||
11. | Apakah Kepala sekolah selalu menyusun KTSP bersama Bapak/Ibu guru setiap awal tahun pelajaran ? | |||
12. | Apakah Kepala sekolah selalu menyusun program pendayagunaan pendidik dan tenaga nonkependidikan pada setiap awal tahun palajaran ? | |||
13. | Apakah Kepala sekolah selalu menetapkan kebijakan program secara tertulis mengenai pengelolaan sarana dan prasarana sekolah? | |||
14. | Apakah Kepala sekolah selalu menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional yang pengacu pada Standar Pembiayaan sekolah ? | |||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
15. | Apakah Kepala sekolah selalu menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk pembelajaran yang efisien dalam prosedur pelaksanaan ? | |||
16. | Apakah Kepala sekolah selalu melibatkan warga masyarakat pendukung sekolah/madrasah dalam mengelola pendidikan ? | |||
17. | Apakah Kepala sekolah selalu menyusun program pengawasan tehadap penyimpangan-penyimpangan dari program kerja yang telah ditetapkan ? | |||
18. | Apakah Kepala sekolah selalu melakukan evaluasi diri terhadap kinerja guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah ? | |||
19. | Apakah Kepala sekolah selalu mengadakan proses evaluasi dan pengembangan KTSP secara komperhensif ? | |||
20. | Apakah Kepala sekolah selalu mengadakan Evaluasi Pendayagunaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan baik ? |
Comments
Post a Comment