bab IV dan V
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data
1. Hasil Penelitian
a. Persiapan Penelitian
1) Persiapan Administrasi Penelitian
Penelitian yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan hasil yang diharapkan, maka diperlukan persiapan dalam kegiatan penelitian, yaitu : mengadakan orientasi pendahuluan mengunjungi tempat penelitian yaitu Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Praya. Tujuan diadakan orientasi pendahuluan ini agar peneliti dapat mengetahui kondisi umum tentang kepala sekolah, guru, siswa dan semua stakeholders lainnya dan peneliti dapat mengetahui tanggapan dari para pihak sekolah. Persiapan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a) Surat Ijin Penelitian dari Rektor IKIP Mataram melalui Dekan Fakultas ilmu Pendidikan IKIP Mataram Nomor Surat 156/B.02/FIP/IKIP-Mtr/2012.dengan tembusan kepada Yth. Kepala Dinas Dikpora Kab.Lombok Tengah, Kepala SMA Negeri 4 Praya.
b)
Surat dari BAPPEDA Kabupaten Lombok Tengah dengan nomor surat 070/136/Bappeda. Untuk mengadakan penelitian di SMA Negeri 4 Praya.

c) Surat keterangan telah mengadakan penelitian dari SMA Negeri 4 Praya.
2) Persiapan Instrumen Penelitian
Penyusunan instrumen penelitian bertujuan untuk mempermudah peneliti dalam memperoleh data yang diperlukan dalam pelaksanaan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen sebagai metode analisis data. Dokumen ini dipergunakan untuk mendapatkan data tentang kinerja guru sedangkan angket untuk mendapatkan data pelaksanaan fungsi manajemen kepala sekolah.
b. Pelaksanaan Penelitian
1) Penentuan Subyek Penelitian
Dalam BAB III dijelaskan bahwa subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru-guru.jumlah guru 45 orang yang di SMA Negeri 4 Praya tahun pelajaran 2011/2012.
Adapun nama dan jumlah guru yang mengajar di SMA Negeri 4 Praya tahun pelajaran 2011/2012 disajikan dalam tabel dibawah ini:
Tabel 01 : Data jumlah Nama-nama Guru yang dijadikan subyek penelitian di SMA Negeri 4 Praya Tahun Pelajaran 2011/2012
No. | Nama Guru | L/P |
1. | H. Supardi, S.Pd, M.Pd | L |
2. | I Hj. Sutiningsih, S.Pd | P |
3. | H. Mohammad Ispandi, S.Pd | L |
4. | Danum, S.Pd | L |
5. | Ch Drs. Asroni Husnan | L |
6. | I I Wire Darme, S.Pd | L |
7. | Salehudin Mahrif, S.Pd, M.Pd | L |
8. | S Akhmad Sarjana, S.Pd | L |
9. | Yeni Winarsih, S.Pd | P |
10. | Abdul Kahfi, S.Pd | P |
11. | Ir. Suharsip, M.Pd | P |
12. | I. Putu Sutama, S.Pd | L |
13. | I Sry Sumiati, S.Pd | P |
14. | Bangun, S.Pd | L |
15. | Abdul Rahman, S.Pd, M.Pd | L |
16. | Ni. Made Sudarmini, S.Pd | P |
17. | Hidayanto, S.Pd | L |
18. | Rahmat Dzakir, S.P | L |
19. | Yakub, S.Pd | L |
20. | Zaenudin, S.Pd | L |
21. | Rodi Hartono, S.pd | L |
22. | Rahmayanti , S.E | P |
23. | Yuniarti Rahmi, S.Sos | P |
24. | Hamdan, S.Pd.I | L |
25. | Bq. Salwati, S.Pd.I | P |
26. | Deni Yusthina, S.Si | P |
27. | Guran Hadi, S.Pd | L |
28. | Aricha Apriayana, S.Pd | P |
29. | Nirmala Fajri, S.Pd | P |
30. | Ahmad Zaki, S.Pd | L |
31. | Agus Wahyudi, S.Pd | L |
32. | Wahyu Aryanto, S.Pd | L |
33. | Dewi Ratna sartika, S.Pd | P |
34. | Alimurrahman, S.Pd | L |
35. | Dra. Bq. Siti Zahara | P |
36. | Rahmawati, S.Pd | P |
37. | Marjan | L |
38. | Bq. Rohayani | P |
39. | Nursasih | P |
40. | Bahdan | L |
41. | Lahidi | L |
42. | Sabariadi | L |
43. | Johan | L |
44. | Sume | L |
45. | Sudirman | L |
2) Pelaksanaan Pengumpulan Data
Data tentang kompetensi sosial Kepala Sekolah ini didapatkkan melalui angket yang disebarkan kepada masing-masing guru dan data tentang Kinerja Guru didapatkan melalui dokumen DP3 guru di SMA Negeri 4 Praya Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun kegiatan pengumpulan data kompetensi sosial Kepala Sekolah dari masing-masing guru melalui metode angket tersebut dilaksanakan dengan jalan :
a) Penyebaran Angket
Angket yang dipersiapkan yaitu sebanyak 45 eksemplar sesuai dengan jumlah populasi (guru) yang menjadi subyek dalam penelitian ini dengan jumlah item pertanyaan angket masing-masing sebanyak 20 item terlampir.
Penyebaran angket dilaksanakan dari tanggal 28 Januari 2012 samapai tanggal 4 Januari 2012 yaitu dengan cara mendatangi langsung guru yang mengajar di SMA Negeri 4 Praya yang dijadikan sebagai subyek dalam penelitian dan pertanyaan yang terdapat dalam angket dinyatakan dengan tegas dan mudah dipahami.
b) Penarikan Angket
Penarikan angket penelitian dari masing-masing guru di SMA Negeri 4 Praya Tahun Pelajaran 2011/2012, dengan jalan mendatangi kembali guru-guru yang telah diberikan angket sebelumnya. Kegiatan penarikan angket penelitian dilaksanakan 6 janurai 2012.
c) Pemberian Skor Angket
Langkah selanjutnya setelah menarik angket dari masing-masing guru di SMA Negeri 4 Praya adalah memberikan skor terhadap jawaban angket masing-masing guru dengan menggunakan pedoman penskoran yang telah ditetapkan sebelumnnya yaitu untuk pilihan (A.Ya) diberikan skor 3, (B.Kadang-kadang) diberikan skor 2 dan (C.Tidak), diberikan skor 1. Dengan demikian diperoleh skor tertinggi untuk jawaban angket tentang Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Yaitu 90 dan skor terendah 75 dan dokumen berupa DP3 yang diperoleh dari masing- masing guru untuk memperoleh data tentang kinerja guru. Adapun tabulasi jawaban angket tentang Kompetensi Sosial kepala Sekolah dan dokumen tentang Kinerja Guru dari masing-masing guru di SMA Negeri 4 Praya Tahun Pelajaran 2011/2012 (Terlampir).
Tabel 02 : Rekapitulasi data tentang Pelaksanaan Fungsi Manajemen Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SMA Negri 4 Praya.
No | Nama Responden | Nilai | |
Fungsi Manajemen Kepala Sekolah | Kinerja Guru | ||
1. | H. Supardi, S.Pd, M.Pd | 60 | 88.05 |
2. | Hj. Sutiningsih, S.Pd | 56 | 80.05 |
3. | H. Mohammad Ispandi, S.Pd | 59 | 75.34 |
4. | Danum, S.Pd | 57 | 79.02 |
5. | Drs. Asroni Husnan | 58 | 60.09 |
6. | I I Wire Darme, S.Pd | 57 | 59.45 |
7. | Salehudin Mahrif, S.Pd, M.Pd | 60 | 56.79 |
8. | S Akhmad Sarjana, S.Pd | 57 | 56.01 |
9. | Yeni Winarsih, S.Pd | 58 | 56.04 |
10. | Abdul Kahfi, S.Pd | 59 | 76.03 |
11. | Ir. Suharsip, M.Pd | 59 | 56.09 |
12. | I. Putu Sutama, S.Pd | 59 | 56.23 |
13. | I Sry Sumiati, S.Pd | 58 | 55.65 |
14. | Bangun, S.Pd | 57 | 56.32 |
15. | Abdul Rahman, S.Pd, M.Pd | 58 | 56.34 |
16. | Ni. Made Sudarmini, S.Pd | 58 | 74.54 |
17. | Hidayanto, S.Pd | 59 | 76.75 |
18. | Rahmat Dzakir, S.P | 58 | 77.23 |
19. | Yakub, S.Pd | 60 | 67.34 |
20. | Zaenudin, S.Pd | 57 | 66.66 |
21. | Rodi Hartono, S.pd | 59 | 76.56 |
22. | Rahmayanti , S.E | 58 | 65.56 |
23. | Yuniarti Rahmi, S.Sos | 58 | 66.67 |
24. | Hamdan, S.Pd.I | 60 | 65.54 |
25. | Bq. Salwati, S.Pd.I | 58 | 67.54 |
26. | Deni Yusthina, S.Si | 58 | 65.54 |
27. | Guran Hadi, S.Pd | 59 | 60.65 |
28. | Aricha Apriayana, S.Pd | 59 | 67.65 |
29. | Nirmala Fajri, S.Pd | 60 | 60.65 |
30. | Ahmad Zaki, S.Pd | 60 | 66.65 |
31. | Agus Wahyudi, S.Pd | 57 | 67.65 |
32. | Wahyu Aryanto, S.Pd | 57 | 66.54 |
33. | Dewi Ratna sartika, S.Pd | 58 | 65.65 |
34. | Alimurrahman, S.Pd | 58 | 74.43 |
35. | Dra. Bq. Siti Zahara | 58 | 65.34 |
36. | Rahmawati, S.Pd | 57 | 76.43 |
37. | Marjan | 57 | 77.23 |
38. | Bq. Rohayani | 58 | 77.32 |
39. | Nursasih | 58 | 66.56 |
40. | Bahdan | 58 | 60.45 |
41. | Lahidi | 58 | 70.43 |
42. | Sabariadi | 58 | 68.56 |
43. | Johan | 58 | 69.54 |
44. | Sume | 58 | 69.43 |
45. | Sudirman | 58 | 70.56 |
d) Analisis Data
Dalam menganalisis data berdasarkan data-data yang dihasilkan dalam penelitian ini, maka ada beberapa langkah yang harus dilalui antara lain : a. Merumuskan Hipotesis Nihil, b. Menyusun lembar kerja, c. Memasukkan data kedalam rumus, d. menguji hipotesis dan e. Menarik kesimpulan.
e) Merumuskan hipotesis nihil
Sehubungan dengan analisis data yang menggunakan analisis statistik, sebagai langkah awal dalam menganalisa data terlebih dahulu dirumuskan hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi “Tidak ada Hubungan Kompetensi Sosial Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di SMA Negeri 4 Praya tahun Pelajaran 2011/2012”.
f) Membuat Tabel Kerja
Tabel kerja untuk pengolahan data yang telah dikumpulkan melalui metode angket/kuesioner dan dokumen DP3 guna mengguji hipotesis tentang Hubungan Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru di SMA Negeri 4 Praya Tahun Pelajaran 2011/2012.
Tabel 03 : Tabel kerja untuk mengetahui Hubungan Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru di SMA Negeri 4 Praya Tahun Pelajaran 2011/2012.
No. | Nama Responden | X | Y | x | y | ![]() | ![]() | Xy |
1. | H. Supardi, S.Pd, M.Pd | 60 | 88.05 | 2.76 | 30.7 | 7.61 | 942.49 | 84.73 |
2. | I Hj. Sutiningsih, S.Pd | 56 | 80.05 | -1.24 | 22.7 | 1.53 | 515.29 | -28.14 |
3. | H. Mohammad Ispandi, S.Pd | 59 | 75.34 | 1.76 | 17.99 | 3.09 | 323.64 | 31.66 |
4. | Danum, S.Pd | 57 | 79.02 | -0.24 | 21.67 | 0.05 | 469.58 | -5.20 |
5. | Ch Drs. Asroni Husnan | 58 | 60.09 | 0.76 | 2.74 | 0.57 | 7.50 | 2.08 |
6. | I I Wire Darme, S.Pd | 57 | 59.45 | -0.24 | 2.1 | 0.05 | 4.41 | -0.50 |
7. | Salehudin Mahrif, S.Pd, M.Pd | 60 | 56.79 | 2.76 | -0.56 | 7.61 | 0.31 | -1.54 |
8. | S Akhmad Sarjana, S.Pd | 57 | 56.01 | -0.24 | -1.34 | 0.05 | 1.79 | 0.32 |
9. | Yeni Winarsih, S.Pd | 58 | 56.04 | 0.76 | -1.31 | 0.57 | 1.71 | -0.99 |
10. | Abdul Kahfi, S.Pd | 59 | 76.03 | 1.76 | 18.68 | 3.09 | 348.94 | 32.87 |
11. | Ir. Suharsip, M.Pd | 59 | 56.09 | 1.76 | -1.26 | 3.09 | 1.58 | -2.21 |
12. | I. Putu Sutama, S.Pd | 59 | 56.23 | 1.76 | -1.12 | 3.09 | 1.25 | -1.97 |
13. | I Sry Sumiati, S.Pd | 58 | 55.65 | 0.76 | -1.7 | 0.57 | 2.89 | -1.29 |
14. | Bangun, S.Pd | 57 | 56.32 | -0.24 | -1.03 | 0.05 | 1.06 | 0.24 |
15. | Abdul Rahman, S.Pd, M.Pd | 58 | 56.34 | 0.76 | -1.01 | 0.57 | 1.02 | -0.76 |
16. | Ni. Made Sudarmini, S.Pd | 58 | 74.54 | 0.76 | 17.19 | 0.57 | 295.49 | 13.06 |
17. | Hidayanto, S.Pd | 59 | 76.75 | 1.76 | 19.4 | 3.09 | 376.36 | 34.14 |
18. | Rahmat Dzakir, S.P | 58 | 77.23 | 0.76 | 19.88 | 0.57 | 395.21 | 15.10 |
19. | Yakub, S.Pd | 60 | 67.34 | 2.76 | 9.99 | 7.61 | 99.80 | 27.57 |
20. | Zaenudin, S.Pd | 57 | 66.66 | -0.24 | 9.31 | 0.05 | 86.67 | -2.23 |
21. | Rodi Hartono, S.pd | 59 | 76.56 | 1.76 | 19.21 | 3.09 | 369.02 | 33.80 |
22. | Rahmayanti , S.E | 58 | 65.56 | 0.76 | 8.21 | 0.57 | 67.40 | 6.23 |
23. | Yuniarti Rahmi, S.Sos | 58 | 66.67 | 0.76 | 9.32 | 0.57 | 86.86 | 7.08 |
24. | Hamdan, S.Pd.I | 60 | 65.54 | 2.76 | 8.19 | 7.61 | 67.07 | 22.60 |
25. | Bq. Salwati, S.Pd.I | 58 | 67.54 | 0.76 | 10.19 | 0.57 | 103.83 | 7.74 |
26. | Deni Yusthina, S.Si | 58 | 65.54 | 0.76 | 8.19 | 0.57 | 67.07 | 6.22 |
27. | Guran Hadi, S.Pd | 59 | 60.65 | 1.76 | 3.3 | 3.09 | 10.89 | 5.80 |
28. | Aricha Apriayana, S.Pd | 59 | 67.65 | 1.76 | 10.3 | 3.09 | 106.09 | 18.12 |
29. | Nirmala Fajri, S.Pd | 60 | 60.65 | 2.76 | 3.3 | 7.61 | 10.89 | 9.10 |
30. | Ahmad Zaki, S.Pd | 60 | 66.65 | 2.76 | 9.3 | 7.61 | 86.49 | 25.66 |
31. | Agus Wahyudi, S.Pd | 57 | 67.65 | -0.24 | 10.3 | 0.05 | 106.09 | -2.47 |
32. | Wahyu Aryanto, S.Pd | 57 | 66.54 | -0.24 | 9.19 | 0.05 | 84.45 | -2.20 |
33. | Dewi Ratna sartika, S.Pd | 58 | 65.65 | 0.76 | 8.3 | 0.57 | 68.89 | 6.30 |
34. | Alimurrahman, S.Pd | 58 | 74.43 | 0.76 | 17.08 | 0.57 | 291.72 | 12.98 |
35. | Dra. Bq. Siti Zahara | 58 | 65.34 | 0.76 | 7.99 | 0.57 | 63.84 | 6.07 |
36. | Rahmawati, S.Pd | 57 | 76.43 | -0.24 | 19.08 | 0.05 | 364.04 | -4.57 |
37. | Marjan | 57 | 77.23 | -0.24 | 19.88 | 0.05 | 395.21 | -4.77 |
38. | Bq. Rohayani | 58 | 77.32 | 0.76 | 19.97 | 0.57 | 398.80 | 15.17 |
39. | Nursasih | 58 | 66.56 | 0.76 | 9.21 | 0.57 | 84.82 | 6.99 |
40. | Bahdan | 58 | 60.45 | 0.76 | 3.1 | 0.57 | 9.61 | 2.3 |
41. | Lahidi | 58 | 70.43 | 0.76 | 13.08 | 0.57 | 171.08 | 9.94 |
42. | Sabariadi | 58 | 68.56 | 0.76 | 11.21 | 0.57 | 125.66 | 8.51 |
43. | Johan | 58 | 69.54 | 0.76 | 12.19 | 0.57 | 148.59 | 9.26 |
44. | Sume | 58 | 69.43 | 0.76 | 12.08 | 0.57 | 145.92 | 9.18 |
45. | Sudirman | 58 | 70.56 | 0.76 | 13.21 | 0.57 | 174.50 | 10.03 |
| 2619 | 3039.15 | 43.2 | 458.4 | 84.67 | 7485.96 | 422.16 |
g) Memasukkan data ke dalam rumus
Keterangan :
Diketahui:
N = 45
Mx (Rata-rata x) = 58.2
My (Rata-rata y) = 67.53
∑X = 2619
∑Y = 3039.15



Maka dapat dihitung nilai koefesien korelasi product moment sebagai berikut :
Mx =
=
= 58.2


My =
=
= 67.53




= 

= 

= 

rxy= 0.530
B. PENGUJIAN HIPOTESIS
Berdasarkan hasil perhitungan di atas, ternyata nilai rxy yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 0.530. Selanjutnya berdasarkan taraf signifikansi 5% dan N = 45 batas angka penolakan hipotesis nihil (Ho) yang dinyatakan dalam table nilai r product moment adalah 0,294. Dengan demikian nilai rxy yang diperoleh dalam penelitian ini berada di atas batas angka penolakan hipotesis nihil (Ho).Hal ini berarti nilai rxy yang diperoleh dalam penelitian ini signifikan. Dengan demikian maka Hipotesis Nihil (Ho) yang berbunyi “Tidak ada Hubungan Pelaksanaan Fungsi Mmanajemen Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru SMA Negri 4 Praya Tahun Pelajaran 2011/2012”, ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) yang berbunyi “ Ada Pelaksanaan Fungsi Mmanajemen Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru SMA Negri 4 Praya Tahun Pelajaran 2011/2012”, diterima.
C. PEMBAHASAN
Berdasarkan hasil analisis data di atas diperoleh nilai sebesar 0.530 sedangkan batas angka penolakan hipotesis nihil yang ditunjukkan dalam tabel r product moment pada taraf signifikansi 5% dengan N = 45 adalah sebesar 0,294. Hal ini berarti bahwa nilai r-hitung lebih besar dari nilai r-tabel (r-hitung > r-tabel) yang berarti signifikan. Dengan demikian (Ho) yang berbunyi “Tidak ada Hubungan Pelaksanaan Fungsi Mmanajemen Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru SMA Negri 4 Praya Tahun Pelajaran 2011/2012”, ditolak dan (Ha) yang berbunyi “Ada Hubungan Pelaksanaan Fungsi Mmanajemen Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru SMA Negri 4 Praya Tahun Pelajaran 2011/2012”,diterima
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data pada BAB IV diketahui nilai r-hitung yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 0,530, sedangkan batas angka penolakan hipotesis nihil yang ditunjukkan dalam tabel r product moment pada taraf signifikansi 5% dengan N = 45 adalah sebesar 0,294. Hal ini berarti bahwa nilai r-hitung lebih besar dari nilai r-tabel (r-hitung > r-tabel) yang berarti hasil penelitian ini signifikan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada Hubungan Pelaksanaan Fungsi Mmanajemen Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru SMA Negri 4 Praya Tahun Pelajaran 2011/2012”.
B. Saran-saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, dapat diajukan saran-saran sebagai berikut :
a. Kepada kepala sekolah khususnya kepala SMA Negri 4 Praya diharapkan agar lebih profesional lagi dalam memimpin sekolahnya terutama dalam menerapkan Pelaksanaan Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, agar tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dan output sekolah tercapai.
b. Bagi para guru diharapkan agar bisa lebih berperan aktif lagi dalam membantu dan bekerjasama dengan kepala sekolah dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah demi tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sekolah.
c. Kepada para peneliti lain diharapkan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan untuk melaksanakan penelitian selanjutnya terutama yang berkaitan dengan Pelaksanaan Fungsi Mmanajemen Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru.
Comments
Post a Comment